Blog

Temukan berbagai macam pengetahuan serta informasi-informasi terbaru seputar dunia cetak.

Tips Mempertahankan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan

28 Sep 2017

Kepuasan dan loyalitas pelanggan, sudah pasti menjadi sebuah aset yang sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Karena bagaimanapun juga  kunci utama kita untuk mendapat income setiap bulannya adalah pelanggan.

Para konsumen merasakan puas atau tidaknya  terhadap produk yang kita tawarkan bergantung juga pada layanan yang kita berikan, pastinya akan memberikan poin penting bagi perkembangan dan kemajuan perusahaan, bila kita juga memberikan service yang memuaskan. Dan jika dari produk yang kita pasarkan mampu memberikan kepuasan kepada konsumen, bisa dipastikan mereka tidak segan melakukan pembelian ulang dan bahkan mungkin merekomdasikan kepada teman atau orang-orang yang mereka kenal. Namun  bila mereka kecewa dengan pelayanan yang di berikan, maka tidak menutup kemungkinan mereka akan malas atau bahkan merekomendasikan kepada yang mereka kenal agar tidak datang atau membeli produk yang kita jual. dan pada akhirnya akan berpaling ke tempat lain.

Berikut ini tips cara mempertahankan kepuasan pelanggan:

  1. Memberikan perhatian sebelum dan sesudahnya
    Kunci  menciptakan  kepuasan pelanggan adalah selalu memberikan perhatian khusus kepada konsumen baik sebelum terjadi transaksi  maupun setelah terjadi pembelian.
  2. Ciptakan sebuah hubungan simbiosis mutualisme
    Pastikan hubungan yang terbangun antara konsumen, dan pelaku pasar bisa seimbang dan saling menguntungkan. itu akan menjadi poin penting dalam membangun sebuah loyalitas. di karenakan konsumen akan merasa lebih dihargai, tidak serta merta selesai begitu saja.
  3. Program yang menarik untuk di tawarkan kepada konsumen 
    Program menarik dengan cara menawarkan  member khusus yang memberikan banyak keuntungan bagi para pelanggan setia. Contohnya kita bisa memberikan diskon khusus kepada konsumen yang menjadi member, dan program bonus tertentu bagi member yang membeli produk kita lebih dari biasanya.
  4. Berikan keuntungan bagi pelanggan setia
    Contohnya dengan menawarkan program reseller untuk para konsumen yang berminat dan tertarik memasarkan produk. peluang bisnis seperti ini mampu memberikan keuntungan bagi konsumen sekaligus membantu kita dalam meningkatkan pemasaran produk yang kita milik.

Semoga beberapa  tips pemasaran ini mampu dapat memberikan manfaat  dan menginspirasi para pelaku usaha untuk selalu mejaga dan membina hubungan baik dengan para konsumen.