Blog

Temukan berbagai macam pengetahuan serta informasi-informasi terbaru seputar dunia cetak.

Jenis Kertas Dalam Dunia Percetakaan

13 Sep 2017

Berikut merupakan jenis kertas yang umum digunakan dalam dunia percetakan:

  1. Art Paper
    Mempunyai tekstur permukaan yang licin dan halus. Jenis kertas ini biasa digunakan untuk mencetak , majalah, brosur atau catalog.
  2. Art Carton
    Karakteristiknya sama dengan art paper, Kertas jenis ini hanya lebih tebal. Biasa dipakai untuk mencetak kartu nama, cover buku, brosur, paperbag , map dan lain-lain
  3. Ivory
    Ivory banyak digunakan untuk paperbag, dos-dos kosmetik. Karakteristiknya cukup tebal. Ivory hampir sama dengan art carton, tetapi ivory hanya mempunyai satu sisi licin, sisi yang lain tanpa coating
  4. Dupleks
    Kertas ini umum dipakai untuk pembuatan dos packaging makanan maupun obat-obatan. Jenis kertas ini memiliki satu sisi putih dan sisi yang lain berwarna abu-abu.  Sisi putih ada yang coated dan ada juga yang non coated.
  5. HVS
    Biasa digunakan untuk fotocopy atau printer. Bisa juga untuk mencetak buku. Jenis bahan kertas yang memiliki permukaan kasar.
  6. BC
    Jenis kertas ini memiliki tekstur yang halus namun tidak coated. Bisa digunakan untuk mencetak kartu nama, sertifikat dan lain-lain. Tersedia dalam beragam warna.
  7. Fancy Paper
    Digunakan untuk membuat undangan. Ada banyak jenisnya seperti millennium, jasmine, java emboss, Hawaii. Jenis kertas dengan beragam warna dan karakteristik.